More

    Bomber Legendaris Italia Gigi Riva Meninggal Dunia di Usia 79 Tahun

    Penyerang legendaris Italia, Luigi “Gigi” Riva, telah meninggal dunia di usia 79 tahun pada Senin (22/1) waktu setempat.

    Menurut laporan la Gazzetta dello Sport, pencetak gol terbanyak tim nasional Italia ini meninggal karena serangan jantung, setelah sebelumnya dilarikan ke rumah sakit pada Minggu lalu.

    Di tanah kelahirannya, Riva dijuluki sebagai Rombo di Tuono (Gelegar Petir), berkat kemampuan mencetak gol sepanjang kariernya.

    Ia masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak timnas Italia dengan 35 gol dari 42 laga pada tahun 1965 hingga 1974.

    Bersama tim berjuluk Azzurri tersebut ia berhasil meraih titel Piala Eropa 1968, serta mencapai final Piala Dunia pada 1970, hanya kalah dari Brasil di partai final yang saat itu diperkuat oleh Pele.

    Baca juga: Massimiliano Allegri Akui Juventus dan Inter Milan Jadi Pesaing Scudetto Musim Ini

    Riva menghabiskan hampir seluruh kariernya di level klub bersama Cagliari dan menjadi pencetak gol terbanyak klub asal Sardinia tersebut.

    Ia menjadi pahlawan dan pencetak gol terbanyak di Serie A pada musim 1969-70, di mana ia memberikan satu-satunya gelar Scudetto untuk Cagliari.

    Pada Piala Dunia 2006, ia juga menjadi anggota staf kepelatihan tim nasional Italia yang akhirnya menjadi juara.

    Gabriele Gravina, presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), mengatakan: “Saya terguncang dan berduka, sepak bola Italia berduka karena ikon nasional sejati telah meninggalkan kami.”

    “Gigi Riva mewujudkan gagasan tentang manusia bebas dan pesepakbola luar biasa: kebanggaannya, kelasnya, dan rasa keadilannya menyatukan generasi dan membangkitkan semangat jutaan orang.”

    “‘Rombo di Tuono’, karirnya yang luar biasa sebagai seorang atlet dan kemudian menjadi anggota staf terjalin dengan Azzurri, berkat dia kami memenangkan Euro 1968 dan Piala Dunia 2006.”

    “Mereka, yang seperti saya, beruntung bisa mengenalnya, telah kehilangan seorang teman dan ikon hari ini”.

    Related articles

    Comments

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.