More

    Estadio Azteca Jadi Venue Pembuka di Piala Dunia 2026, Final Digelar di MetLife Stadium

    Estadio Azteca di Kota Meksiko akan menjadi venue pembuka pada putaran final Piala Dunia 2026, dengan MetLife Stadium di New Jersey, Amerika Serikat, akan menjadi panggung di putaran final.

    Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah mengumumkan jadwal untuk turnamen akbar tersebut pada Senin (5/2) dini hari WIB.

    Putaran final turnamen empat tahunan ini akan dimulai pada 11 Juni mendatang, dengan partai final akan berlangsung pada 19 Juli.

    Turnamen ini kembali digelar pada musim panas atau pertengahan tahun, setelah edisi sebelumnya digelar pada akhir tahun untuk mengakomodasi cuaca panas di Qatar pada 2022.

    Piala Dunia 2026 akan menjadi panggung bagi 48 tim dari seluruh dunia yang akan bermain di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Sebelumnya turnamen ini diikuti oleh 32 peserta sejak 1998 hingga edisi 2022 lalu.

    Para peserta tersebut akan dibagi menjadi 12 grup yang diisi oleh empat negara. Pada fase gugur akan dimulai dengan babak 32 besar.

    Meksiko untuk ketiga kalinya menjadi tuan rumah setelah menggelar Piala Dunia 1970 dan 1986. Sementara Amerika Serikat sebelumnya pernah menggelar turnamen ini pada 1994 lalu.

    Estadio Azteca merupakan stadion legendaris yang menjadi saksi saat Diego Maradona mengangkat trofi Piala Dunia saat membawa Argentina menjadi juara dunia pada 1986 lalu.

    Foto: twitter.com/FIFAWorldCup

    Selain Azteca, Meksiko memiliki dua venue lainnya seperti Estadio BBVA di Monterrey dan Estadio Akron di Guadalajara.

    Sementara AS memiliki delapan kota yang akan menggelar turnamen ini seperti Los Angeles, Boston, Kansas City, Philadelphia, New York, Houston, Seattle, dan San Francisco.

    Adapun Kanada memiliki dua venue di BC Place (Vancouver) dan BMO Field (Toronto). Total terdapat 16 stadion yang akan menggelar Piala Dunia di 16 kota berbeda di tiga negara

    Berikut Jadwal Piala Dunia 2026

    Partai pembuka: 11 Juni (Mexico City)

    Babak Grup: 11 – 27 Juni (seluruh venue)

    Babak 32 besar: 28 Juni – 3 Juli (seluruh venue, kecuali Guadalajara dan Philadelphia. Los Angeles dan Dallas masing-masing menggelar dua pertandingan)

    Babak 16 besar: 4 – 7 Juli (Vancouver, Seattle, Mexico City, Houston, Dallas, Atlanta, Philadelphia, dan New York/New Jersey)

    Babak Perempat final: 9 – 11 Juli (Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston)

    Babak Semifinal: 14 – 15 Juli (Dallas dan Atlanta)

    Perebutan tempat ketiga: 18 Juli (Miami)

    Final: 19 Juli (New York/New Jersey)

    Related articles

    Comments

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.