More

    Jose Mourinho Resmi Angkat Kaki dari AS Roma

    Jose Mourinho telah resmi dipecat dari jabatannya sebagai pelatih AS Roma pada Selasa (16/1), pasca hasil buruk pada musim ini.

    Pelatih asal Portugal ini menukangi Roma sejak musim panas 2021 lalu. Pada musim pertamanya ia berhasil membawa gelar Europa Conference League pada 2022.

    Ia juga berhasil membawa Giallorossi mencapai final Europa League satu musim setelahnya.

    Mourinho yang kini berusia 60 tahun sejatinya meneken kontrak berdurasi tiga tahun pada 2021 lalu, yang akan berakhir pada akhir musim ini.

    Namun Roma mengalami hasil buruk pada musim ini, yang menempatkan mereka di posisi sembilan pada klasemen sementara Serie A 2023-24, dengan 29 poin, berjarak 22 poin di bawah pemuncak klasemen Inter Milan.

    Tetapi Roma hanya berjarak lima poin dari Fiorentina di posisi kelima.

    Baca juga: Tak Sempat Ucapkan Selamat Tinggal, Guenther Steiner Blak-blakan Usai Hengkang dari Haas

    Meski memberikan gelar juara, Mourinho gagal membawa Roma ke posisi empat besar dalam dua musim di ibu kota Italia ini.

    Roma gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir di semua kompetisi. Setelah imbang lawan Atalanta, Roma kalah dari rival sekota Lazio pada Coppa Italia. Lalu kembali menderita kekalahan dari AC Milan di partai Serie A.

    “AS Roma dapat mengonfirmasi bahwa José Mourinho dan staf kepelatihannya akan segera meninggalkan klub,” tulis Roma dalam situs resminya.

    “Mourinho diumumkan sebagai pelatih ke-60 Giallorossi pada Mei 2021.”

    “Dia memimpin tim untuk memenangkan Europa Conference League di Tirana pada 25 Mei 2022, dan ke final Europa League di Budapest musim lalu.”

    “Pembaruan lebih lanjut mengenai staf pelatih Tim Utama yang baru akan segera menyusul.”

    Pemilik Roma, Dan dan Ryan Friedkin, menambahkan, “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada José atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya di klub.”

    “Kami akan selalu memiliki kenangan indah tentang masa jabatannya di Roma, tapi kami yakin perubahan segera adalah demi kepentingan terbaik klub.”

    “Kami mendoakan yang terbaik bagi José dan asistennya dalam upaya mereka di masa depan.”

    Laporan dari Italia menunjukkan mantan kapten Roma, Daniele De Rossi, akan menggantikan Mourinho sebagai pelatih hingga akhir musim.

    De Rossi terakhir melatih klub Serie B, SPAL, sebelum dipecat karena hasil buruk pada Februari 2023 lalu.

    Related articles

    Comments

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.