More

    Nottingham Forest Pertanyakan Gol Kontroversial Ivan Toney

    Nottingham Forest menelan kekalahan dari Brentofrd dengan skor 2-3 dalam pertandingan Premier League 2023/2024 pekan ke-21, Minggu (21/1) dini hari WIB.

    Laga ini meninggalkan kontroversi, tepatnya terkait gol pertama Brentford yang dicetak oleh Ivan Toney pada menit ke-19.

    Penyerang berusia 27 tahun membuat sebuah gol indah dengan melepaskan tendangan bebas. Namun, bola masuk ke gawang setelah melaju di samping pagar betis para pemain Forest.

    Sebelum mengeksekusinya, Toney tertangkap kamera memindahkan bola dari tempat seharusnya tendangan diambil. Ia tampak menggeser bola ke sebelah kanan.

    Menurut laporan, Forest pun sudah melayangkan protes kepada Badan Wasit Inggris (PGMOL). Mereka menanyakan apakah tindakan Toney tersebut diperbolehkan.

    Sky Sports menyebut bahwa usai laga, pihak Forest sempat menanyakan langsung kepada wasit yang bertugas, Darren England, mengapa insiden Toney tersebut tidak dicek oleh Video Assistant Referee (VAR).

    England kemudian menjawab bahwa aksi demikian tidak diatur sebagai sebuah tindakan yang perlu dicek oleh VAR dalam peraturan.

    Baca juga: Armando Broja Berpeluang Dilepas oleh Chelsea dengan Adanya Minat dari Klub Rival

    International Football Association Board (IFAB) sebagai pembuat peraturan sepak bola menyebut bahwa tanggung jawab VAR tidak meliputi pengecekan untuk lokasi bola yang dipindahkan dalam sebuah situasi tendangan bebas.

    Situasi ini sepenuhnya menjadi perhatian dan kewenangan dari para wasit yang bertugas di lapangan.

    Oleh karenanya, Forest pun mengirim surat kepada Ketua PGMOL, Howard Webb.

    Mereka meminta kejelasan apakah Toney memang melanggar aturan atau tidak. Jika tidak, mereka pun menilai bahwa tindakan serupa seharusnya ikut diinvestigasi oleh VAR karena berujung dengan sebuah gol.

    Aksi kontroversial Toney tersebut memang semakin membuat Nottingham Forest kesal. Pasalnya, dalam laga ini, mereka sebetulnya sempat unggul terlebih dahulu melalui Danilo pada menit ketiga.

    Brentford kemudian berbalik unggul melalui gol Toney tersebut dan Ben Mee (58’). Namun, Chris Wood sempat membuat skor kembali imbang (65’).

    Sayangnya, tiga menit berselang, Forest harus kembali kebobolan oleh gol Neal Maupay.

    Mereka pun semakin terancam dengan degradasi karena kini berada di posisi ke-16 dengan 20 poin, unggul empat angka saja dari Luton Town yang ada di posisi 18 tetapi memiliki satu pertandingan simpanan.

    Related articles

    Comments

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.