Sejarah AFC Bournemouth

Tentang AFC Bournemouth

AFC Bournemouth (2013).svg

A.F.C. Bournemouth merupakan sebuah klub sepak bola profesional asal Inggris yang saat ini bermain di Liga Championship Inggris. Klub ini bermain di Lapangan Dean Court di Kings Park, Boscombe, Bournemouth, Dorset dan sudah ada sejak tahun 1899.

Awalnya klub ini pada saat didirikan pada tahun 1890 bernama Boscombe St. John’s Institute FC tetapi dibubarkan pada tahun 1899 dan didirikan ulang pada tahun 1899 dengan nama Boscombe FC.

Klub ini sudah memenangkan tingkatan ke-dua dan ke-tiga Liga Inggris, dan pernah menjadi juara tingkatan ke-empat sebanyak dua kali. Mereka juga pernah memenangkan Liga Selatan Inggris, Trofi Liga Inggris, dan juga Piala Sepak Bola Disisi Ketiga Selatan.

Di bawah manajemen Eddie Howe, A.F.C. Bournemouth promosi ke Liga Utama Inggris untuk pertama kalinya di musim 2015–16.

Sejarah

Boscombe F.C.
Meskipun tanggal pasti dasar klub tidak diketahui, ada bukti bahwa itu dibentuk pada musim gugur 1899 dari sisa-sisa Boscombe St. John’s Institute F.C.  Klub ini awalnya dikenal sebagai Boscombe F.C. Presiden pertama adalah Mr. J. C. Nutt.

Di musim pertama mereka, 1899–1900, Boscombe F.C. berkompetisi di Bournemouth dan District Junior League. Mereka juga bermain di Hants Junior Cup. Selama dua musim pertama, mereka bermain di lapangan sepakbola di Castlemain Avenue, Pokesdown. Dari musim ketiga mereka, tim bermain di lapangan di King’s Park. Pada musim 1905–06, Boscombe F.C. lulus ke sepakbola amatir senior.

Pada tahun 1910, klub diberikan sewa panjang atas beberapa gurun di sebelah Kings Park sebagai tempat sepak bola klub oleh pengusaha lokal J.E. Cooper-Dean. Dengan tanah mereka sendiri, bernama Dean Court setelah dermawan, klub terus berkembang dan mendominasi kancah sepakbola lokal. Pada tahun yang sama klub menandatangani pemain profesional pertamanya Baven Penton.

Sekitar saat ini, klub memperoleh julukan mereka “The Cherries,” dengan dua kisah terpenting tentang bagaimana klub mendapatkan julukan itu. Pertama, karena kemeja bergaris merah ceri yang dimainkan tim dan, mungkin kurang masuk akal, karena Pengadilan Dean dibangun berdekatan dengan perkebunan Cooper-Dean, yang, diyakini mungkin telah mencakup banyak kebun ceri.

Untuk pertama kalinya, selama musim 1913-14, klub berkompetisi di Piala FA. Namun, kemajuan klub terhenti pada tahun 1914 dengan pecahnya Perang Dunia I, dan Boscombe F.C. kembali ke Liga Hampshire.

Pada tahun 1920, Divisi Ketiga Liga Sepak Bola dibentuk, dan Boscombe dipromosikan ke Liga Selatan, menemukan keberhasilan moderat.

Bournemouth dan Boscombe Athletic F.C.
Untuk membuat klub lebih representatif dari distrik, nama diubah menjadi Bournemouth dan Boscombe Athletic F.C. pada tahun 1923. Selama tahun yang sama, klub terpilih ke Divisi Ketiga Liga Sepakbola yang baru diperluas. Pertandingan liga pertama adalah di Swindon Town pada 25 Agustus 1923, yang kehilangan Bournemouth 3-1. Pertandingan liga pertama di Dean Court juga melawan Swindon, di mana Bournemouth mendapatkan poin liga pertama mereka setelah bermain imbang 0-0.

Awalnya, Bournemouth berjuang di Liga Sepakbola tetapi akhirnya membuktikan diri sebagai klub Divisi Ketiga. Bournemouth tetap tercatat sebagai anggota berkesinambungan terpanjang dari Divisi Ketiga.

Sebagai klub liga, Bournemouth harus menunggu sampai setelah Perang Dunia Kedua sebelum memenangkan trofi pertama mereka. Ini dicapai ketika mereka mengalahkan Walsall di Divisi Ketiga (Selatan) Piala di final di Stamford Bridge.

A.F.C. Bournemouth
Di bawah manajer John Bond, klub mengadopsi A.F.C. yang lebih ramping Nama Bournemouth pada tahun 1972. Pada saat yang sama, klub mengadopsi lencana baru sebagai simbol kemajuan klub. Garis-garis di latar belakang didasarkan pada kemeja klub, sedangkan di latar depan adalah profil pemain yang mengepalai bola, untuk menghormati Dickie Dowsett, pencetak gol yang produktif untuk klub pada 1950-an dan 1960-an.

Kit merah dan hitam mereka, diperkenalkan pada tahun 1971, didasarkan pada strip A.C. Milan. Ini adalah era Ted MacDougall, pencetak gol yang produktif, dalam pertandingan Piala FA pada November 1971, mencetak sembilan gol dalam kemenangan 11-0 melawan Margate.

Akhir abad ke-20

Bagan posisi tabel tahunan Bournemouth di Liga.
Klub mencatat kemenangan terkenal atas pemegang Manchester United di Piala FA pada Januari 1984, sementara mereka dikelola oleh Harry Redknapp.

Redknapp membawa Bournemouth ke tingkat kedua liga Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka sebagai juara Divisi Ketiga pada tahun 1987. Setelah dengan nyaman bertahan di musim pertama mereka di Divisi II, Bournemouth membuat tantangan serius untuk promosi ke papan atas di liga. Musim 1988-89; mereka akhirnya mundur setelah musim yang buruk di akhir musim, tetapi akhirnya mereka berada di posisi ke 12 tetap yang tertinggi di Liga Sepakbola hingga musim 2013–14.

Pada tanggal 5 Mei 1990, hari terakhir musim 1989-90, Leeds United mendapat kesempatan untuk memenangkan Divisi II dan mendapatkan promosi ke Divisi Pertama dengan mengalahkan Bournemouth di Dean Court. Beberapa penggemar United telah menyebabkan masalah di kota itu pada pagi hari dan suasananya tegang ketika Leeds memenangkan pertandingan dengan satu gol. Dikombinasikan dengan hasil pertandingan lain, ini berarti bahwa Leeds dipromosikan sementara Bournemouth terdegradasi. Kekerasan dan kehancuran oleh pengunjung ke Bournemouth berlanjut selama liburan akhir pekan, menyebabkan lebih dari £ 1 juta kerusakan dan cedera bagi penggemar dan petugas polisi lawan.  Surat kabar Daily Echo kota melaporkan bahwa “penonton, termasuk banyak anak kecil, harus lari ke tempat yang aman ketika rudal dilemparkan dan polisi anti huru hara masuk untuk mengendalikan massa.”  Masalah ini diangkat di Parlemen oleh salah satu anggota parlemen kota. . Secara finansial, masalah Leeds mempengaruhi klub

Detail

Nama lengkapAFC Bournemouth
JulukanThe Cherries
Berdiri1890 (bernama Boscombe St. John’s Institute FC)
StadionDean Court, Bournemouth
(Kapasitas: 11,464)
KetuaMaxim Denim
ManajerEddie Howe
LigaLiga Utama

 

Back to top button
Close