More

    Singkirkan Vietnam, Indonesia Jaga Tiket 16 Besar

    Peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 kembali hidup setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, Jumat (19/1) malam.

    Pasalnya, kemenangan ini membuat Indonesia mengoleksi tiga poin. Secara matematis, angka tersebut memang bisa saja cukup untuk merebut satu dari empat jatah peringkat ketiga terbaik.

    Seperti diketahui, selain diisi oleh juara dan runner-up dari enam grup yang ada, babak 16 besar Piala Asia 2023 akan dilengkapi dengan empat tim peringkat ketiga terbaik.

    Di klasemen, Indonesia kini memiliki angka yang sama dengan Jepang. Keduanya akan saling berhadapan dalam pertandingan terakhir babak grup pada Rabu (24/1).

    Sementara itu, sebaliknya, Vietnam dipastikan sudah tidak lagi memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

    pasalnya, meski mereka berhasil menang atas Irak pada Rabu nanti, tetapi Vietnam kalah secara head-to-head dari Indonesia dan Jepang.

    Sebelum melawan Indonesia, Vietnam juga memang menelan kekalahan dari Jepang dengan skor 2-4 pada pertandingan pertama babak grup.

    Bagi Irak, mereka kini memimpin klasemen dengan enam poin dan sudah memastikan tiket babak 16 besar. Beberapa jam sebelum Indonesia dan Vietnam bertanding, mereka mengalahkan Jepang dengan skor 2-1.

    Baca juga: Shin Tae-yong: Gol Kedua Irak 100 Persen Offside!

    Asnawi Jadi Pahlawan, Seluruh Pemain Tampil Menawan

    Gol tunggal Indonesia dalam laga melawan Vietnam sendiri dicetak oleh sang kapten, Asnawi Mangkualam. Bek kanan tersebut mengeksekusi hadiah penalti yang didapat pada menit 42 setelah Rafael Struick dilanggar.

    Secara performa, skuad asuhan Shin Tae-yong memang tampil menawan.

    Dari sisi peluang, mereka melepaskan 16 tembakan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Indonesia unggul jauh dari Vietnam yang hanya bisa membuat 11 tembakan dengan tiga tepat sasaran.

    Tidak hanya secara penyerangan, pertahanan Garuda juga patut diacungi jempol. Bukti paling jelas adalah keberhasilan mereka mencatatkan cleansheet.

    Pujian khusus juga harus diberikan kepada sang kiper, Ernando Ari.

    Salah satu aksi cemerlang pemain asal klub Persebaya Surabaya adalah ketika melakukan penyelamatan krusial dengan menggagalkan tendangan bebas berbahaya dari pemain Vietnam jelang laga usai.

    Vietnam sendiri harus mengakhiri laga dengan sepuluh orang setelah Le Pham Thanh Long menerima kartu merah pada menit 90+1.

    Related articles

    Comments

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.