More

    Xavi Hernandez Tinggalkan Barcelona pada Akhir Musim

    Xavi Hernandez mengumumkan sebuah keputusan yang mengejutkan. Ia menyatakan akan berhenti sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim.

    Kabar ini disampaikan oleh sosok berusia 44 tahun tersebut usai timnya menelan kekalahan dengan skor 3-5 dari Villarreal dalam pertandingan LaLiga 2023/2024 pekan ke-22.

    Xavi menyatakan bahwa dirinya mengambil demikian karena tidak ingin membuat klub dan para pemain terus-menerus berada dalam posisi tertekan.

    Hasil dalam laga melawan Villarreal menjadi kekalahan kedua beruntun mereka. Sebelumnya, Blaugrana disingkirkan oleh Athletic Club dari Copa del Rey dengan skor 2-4.

    Selain itu, pada 15 Januari, Barca juga dipermalukan oleh Real Madrid dengan skor 1-4 dalam pertandingan final Piala Super Spanyol.

    “Saya ingin mengumumkan bahwa saya tidak akan menjadi pelatih Barcelona setelah akhir musim ini,” kata Xavi dikutip ESPN.

    “Saya memutuskan untuk hengkang beberapa hari lalu. Namun, saya pikir ini adalah waktu yang tepat auntuk mengumumkannya untuk membantu mengurangi tensi yang ada di klub,” lanjutnya.

    “Sebuah perubahan dinamikan dibutuhkan. Sebagai pendukung Barca, memikirkan kepentingan terbaik klub dan pemain, saya pikir ini adalah keputusan tepat,” tegasnya.

    “Tidak ada seorang pun yang lebih besar dari klub. Di atas semuanya, saya juga adalah seorang pendukung. Saya mencintai klub ini,” tambah Xavi.

    “Saya pikir, pengumuman ini bsa membebaskan para pemain dan mengurangi tensi yang ada di klub. Mereka tidak berhak mendapatkannya. Mereka adalah grup yang hebat,” lanjut Xavi.

    Baca juga: Kejutan, Jurgen Klopp Undur Diri dari Liverpool Pada Akhir Musim

    “Saya tidak ingin menjadi masalah untuk klub. Saya ingin menjadi solusi. Saya adalah solusi dua tahun lalu ketika ditunjuk. Namun, sekarang, berpikir dengan hati saya dan memikirkan klub, yang terbaik adalah saya pergi pada musim panas,” ujarnya.

    Xavi melatih Barcelona pada pertengahan 2021/2022. Pada 2022/2023 yang merupakan musim penuh perdananya, ia berhasil mempersembahkan gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol.

    Namun, performa Barca menurun drastis pada musim ini. Mereka memang masih berpeluang meraih dua gelar.

    Di LaLiga, Barca berada di posisi keempat dengan 44 poin, tertinggal sebelas angka dari Girona. Sementara di Liga Champions, Barca akan menghadapi Napoli pada babak 16 besar.

    Sayangnya, peluang tersebut terbilang tipis iika melihat performa mereka dan para lawan.

    Meski begitu, Xavi menengaskan bahwa dirinya akan tetap berjuang keras dan fokus pada sisa musim ini.

    “Saya akan bekerja lebih keras pada bulan-bulan terakhir ini. Saya pikir, kami masih bisa membalikkan keadaan dan menjalani musim yang bagus. Saya pikir, kami bisa berjuang untuk LaLiga,” pungkas Xavi Hernandez.

    Related articles

    Comments

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.